11 Ide Bisnis usaha rumahan modal kecil untung besar bagi Ibu Rumah tangga

Loading...

Ide bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga sebenarnya ada banyak sekali. Hal-hal yang mungkin ada disekitar Anda bisa jadi adalah peluang untuk usaha.Kebutuhan hidup semakin meningkat, kita memang dituntut harus kreatif agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Banyak orang yang ingin membuat usaha sampingan namun selalu terkendala dengan modal yang harus besar, tidak memiliki toko atau tempat usaha, bahkan yang lebih parah-nya lagi, tidak punya ide untuk membuka usaha apa yang bisa menghasilkan uang.
e Bisnis usaha rumahan modal kecil untung besar bagi Ibu Rumah tangga

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 50+ Ide Bisnis Rumahan modal kecil Untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa Anda geluti. Jangan khawatir ide bisnis rumahan ini walaupun bermodal kecil akan mendatangkan untuk besar. Insaalloh


Ide Bisnis Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


A. Usaha Kerajinan Tangan 

#1. Membuat Lampu Tidur Hias Dari Benang Dan Balon

Membuat lampu tidur hias dari benang dan balon merupakan ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang cukup digandrungi saat ini.

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya membutuhkan sedikit modal uang, selebihnya tergantung kreativitas dan ketekunan Anda.

Usaha kreatif ini memang termasuk bisnis handmade yang benar-benar murni dibuat dari tangan pengrajin. Anda bisa membuat lampu tidur hias dari benang dan balon dengan membuat bentuk yang lucu, unik atau dekoratif. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah dicari dan harganya sangatlah murah.

#2. Membuat Vas Bunga Dari Botol Plastik Bekas

Selain membuat lampu tidur, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan dengan membuat vas bunga dari botol plastik bekas.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, Anda mungkin suka dengan bunga yang berwarna-warni. Dari situ, Anda bisa membuat kreasi vas bunga yang menarik dari barang-barang bekas seperti botol yang sudah tidak terpakai.

Anda bisa menjualnya ke orang lain dengan tarif tertentu sesuai tingkat kerumitannya. Setidaknya, Anda juga sudah berkontribusi untuk mengurangi sampah dengan melakukan daur ulang menjadi produk kerajinan yang bernilai seni.

#3. Usaha Kerajinan Tangan Bros Hijab

Bagi wanita muslimah, menggunakan hijab tanpa bros mungkin seperti sayur tanpa garam. Terasa ada yang kurang dan hambar. Apalagi model hijab saat ini sudah modern, maka menggunakan bros bisa menjadi pelengkap yang sempurna.

Mengingat banyaknya pangsa pasar yang bisa digarap, Anda bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Kalau berbisnis hijab terlalu berat, Anda masih bisa menjual bros-nya kepada target pasar yang sama.

Selain lebih mudah, modal yang dikeluarkan juga sangatlah minim. Anda hanya perlu memanfaatkan sisa kain perca yang tidak terpakai, pernak-pernik kecil, lem perekat dan beberapa hal pendukung lainnya. Dengan sedikit imajinasi dan kreativitas, Anda bisa menghasilkan bros yang cantik dan memiliki nilai jual.


B. Usaha Rumahan Di Bidang Kuliner


#4. Usaha Minuman Jus Buah Segar atau Es Buah Kopyor

Untuk ibu rumah tangga yang ingin mempunyai bisnis sampingan, membuka usaha jus buah mungkin bisa menjadikan pilihan yang terbaik.

Selain menyehatkan, jus buah segar ini sangatlah nikmat saat cuaca panas. Ini alasan kenapa bisnis ini selalu diminati masyarakat, khususnya di daerah perkotaan.

Bisa juga pelanggan Anda adalah orang-orang terdekat di lingkungan Anda. Karena memang, hawa panas dan terik membuat banyak orang ingin menikmati yang minuman segar-segar.

Sementara itu, usaha minuman jus ini juga sederhana. Untuk membuat 1 gelas jus juga tergolong mudah dan cepat, tidak sampai 15 menit pasti sudah jadi.

Anda juga bisa membuat variasi minuman segar lainnya seperti Es Buah Kopyor. Bedanya sama jus mungkin hanya terletak pada penyajiannya, kalau jus diblender terlebih dahulu sedangkan es buah kopyor berisi campuran buah segar yang dibuat potongan-potongan kecil.

Kalau Anda memiliki lokasi usaha yang strategis, bukan tidak mungkin usaha Anda bakal laris manis.

#5. Usaha Pembuatan Parsel

Membuat parsel memang gampang-gampang susah. Diperlukan kreativitas dan ketelitian untuk menghasilkan parsel yang bagus. Anda bisa menjualnya ke tetangga, warung-warung yang dekat rumah sakit, membuka kios sendiri atau menjualnya secara online.

#6. Kue Ulang Tahun dan Anniversary Kekinian

Saat ini, mungkin banyak orang yang ingin merayakan ulang tahun atau anniversary. Usaha membuat kue ulang tahun dan anniversary pun akan sulit mati, karena dibutuhkan setiap tahunnya.


C. Usaha Rumahan Di Bidang Perkebunan Dan Peternakan


#7. Bertanam Aneka Sayuran Segar

Bertanam sayur cukup menjanjikan apabila Anda bisa merawatnya dengan baik. Untuk bisnis sampingan, usaha jenis ini lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda bisa menamam sayuran di pekarangan rumah atau membuat tempat khusus sendiri. Dalam hal ini, Anda juga harus memastikan suhu udara, pupuk, bibit dan lain sebagainya.

#8. Budidaya Tanaman Hias

Budidaya anggrek menjadi salah satu jenis budidaya tanaman hias yang banyak diminati oleh para penggemar bunga. Dengan keindahan warnanya, bunga ini termasuk bunga kelas tinggi yang begitu indah.

Anggrek memiliki bentuk dan corak bunga yang beraneka ragam. Karena keindahan bentuk dan warnanya ini banyak dikoleksi oleh para penghobi bunga.

Tanaman anggrek merupakan tipe tanaman yang memiliki kecepatan tumbuh relatif lambat, tergantung dari jenis anggrek dan pemeliharaan anggrek itu sendiri.

Untuk memulai budidaya anggrek, Anda harus tahu beberapa hal, mulai dari pembibitan hingga penanggulangan hama.


D. Usaha Rumahan Di Bidang Jasa


#9. Usaha Jasa Laundry

Bisnis sampingan laundry memang sangat cocok untuk ibu-ibu. Meski bukan termasuk ide usaha baru, namun peminatnya tidak pernah mati.

Bisnis laundry ini sejatinya muncul karena gaya hidup dan tuntutan rutinitas yang membuat orang-orang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Mahasiswa, pekerja kantoran, pegawai negeri sipil dan ibu rumah tangga mungkin lebih suka mencucinya ke jasa laundry kiloan.

Bahkan, saat ini banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem franchise atau waralaba laundry.

Keuntungan yang bisa didapat kalau Anda ikut bergabung dengan franchise laundry tentu saja numpang nama besar merek laundry dan Anda akan dibimbing hingga mahir mengelola franchise tersebut.

Akan tetapi, paket usaha franchise ini biasanya cukup mahal. Kalau Anda masih pemula dan hanya mempunyai modal minim, coba saja buka usaha laundry sendiri. Meski harus memperkenalkan usaha Anda diawal-awal, namun kalau pelanggannya sudah ‘cocok’ pasti akan bakal balik lagi ke Anda. Lama kelamaan, mereka akan menjadi pelanggan tetap Anda.

Meski terlihat mudah, namun nyatanya bisnis ini cukup melelahkan kalau Anda mengerjakannya sendiri. Untuk awal-awal, minimal hire 1 orang pegawai untuk membantu pekerjaan Anda. Setelah berjalan dan berkembang, baru Anda hire pegawai lagi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Memang usaha ini membutuhkan keuletan, strategi dan beberapa kiat untuk menghantarkan Anda kepada kesuksesan.


E. Bisnis Online

#10. Menjadi Blogger

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga berikutnya adalah mejadi blogger. Menjadi blogger yang sukses merupakan impian banyak orang saat ini. Karena bekerja bisa dilakukan darimana saja, dan kalau berhasil, penghasilannya ga tanggung-tanggung.

#11. Menjadi Internet Marketer

Sebagai ibu rumah tangga, Anda juga bisa menjadi seorang internet marketer untuk mendapat penghasilan tambahan. Internet marketer sebenarnya luas artiannya, Anda bisa bermain menjadi seorang affiliate, dropshipper, online shopper, content writer, advertiser dan masih banyak lagi. Masing-masing cabang ada ilmunya, Anda bisa mempelajarinya di internet sebagai bahan pembelajaran. Ini beberapa situs yang bisa Anda ikuti panduannya:

DigitalMarketer.id
PanduanIM.com
Alona.co.id

Nah, demikianlah beberapa ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Anda bisa memulai berbagai ide bisnis tersebut saat ini juga, tanpa nanti tanpa tapi!

Atau ingin berpanas panas ria di jalan raya silahkan daftarkan diri anda sebagai driver ojek onli di Gojek Indonesia atau Grabbike.

Ingat pepatah The Power Of Emak emak. Hal yang tidak mungkin akan menjadi mungkin.

0 Response to " 11 Ide Bisnis usaha rumahan modal kecil untung besar bagi Ibu Rumah tangga"

Posting Komentar