Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar sesuai EYD 2020

Loading...

Contoh surat lamaran kerja.Memiliki pekerjaan yang baik tentu menjadi impian semua orang, khususnya untuk laki-laki. Sehabis lulus dari sekolah, kita tentu menginginkan mendapat pekerjaan yang layak. Namun pada kenyataannya, mencari pekerjaan di zaman sekarang gampang-gampang susah.Apalagi dengan diadakannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang memudahkan antar negera di Asia Tenggara untuk melakukan timbal balik SDM. Pekerja asing bisa dengan mudahnya melakukan kerja sama dengan Indonesia begitu pula sebaliknya.
Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Gampang diterima
pixabay.com

Namun, kalau kita menganggur tentu tidak ada penghasilan yang bisa didapatkan. Ini tentu sangat merepotkan apalagi kalau kita sudah punya tanggungan anak dan istri.
Maka dari itu, setidaknya kita harus mengusahakan mencari kerja meskipun tidak semudah apa yang dibayangkan. Kita mungkin akan ditolak berkali-kali, namun pada akhirnya pasti kita akan menemukan pekerjaan juga.
Untuk melamar pekerjaan, Anda bisa membaca beberapa tips menulis surat lamaran pekerjaan berikut ini terlebih dahulu.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

  • Untuk menulis surat lamaran pekerjaan, Anda harus memastikan beberapa hal yang berkaitan dengan tata cara penulisan. Karena hakikatnya, surat lamaran kerja akan dilihat oleh perusahaan yang ingin Anda masuki.
  • Kalau tata cara penulisannya buruk, maka pihak perusahaan mungkin akan pikir-pikir terlebih dahulu sebelum merekrut Anda menjadi bagian perusahaan. Berikut adalah beberapa tips menulis surat lamaran kerja yang wajib Anda tahu.
  • Perhatikan bahwa surat lamaran pekerjaan yang ditujukan melampirkan nama perusahaan dengan benar. Entah itu penulisan atau singkatan dari perusahaan tersebut, sebaiknya Anda benar-benar menulisnya dengan kaidah yang benar. Dengan begitu pihak HRD mungkin akan memberi poin plus karena dari tata penulisannya saja sudah benar dan sesuai kaidah. Ini bisa memberi sinyal bahwa Anda cukup serius untuk bergabung menjadi bagian perusahaan.
  • Tulis surat lamaran pekerjaan Anda dengan rapi dan terstruktur. Beberapa perusahaan atau mungkin instansi mungkin masih menginginkan kamu mengirim surat lamaran dengan menggunakan tulisan tangan. Kalau sudah begitu maka Anda harus menulis surat lamaran dengan tulisan yang bagus, rapid an bersih. Jangan sampai ada bercak, goresan, tipe-X atau kotoran sehingga kertas menjadi tidak enak dilihat. Sebaiknya ganti kertas dan tulis ulang surat lamarannya agar terlihat bersih. Kertas yang kotor dan tidak rapi tentu akan menunjukkan image buruk terhadap Anda.
  • Gunakan tata bahasa yang baku sesuai kaidah EYD agar terlihat lebih professional.
  • Jangan gunakan kalimat yang bertele-tele, singkatan-singkatan yang tidak benar, bahasa gaul dan penulisan fatal lainnya.
  • Berikan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan baik agar tidak terjadi dis-informasi. Kalau alamat tujuan dan maksud yang Anda sampaikan tidak jelas, bisa-bisa surat lamaran kerja Anda berakhir di tempat sampah. Hal ini tentu tidak Anda inginkan bukan?
  • Ceritakan secara singkat jabatan atau posisi yang Anda inginkan diperusahaan tersebut.
  • Baca kembali tata penulisan dan struktur dalam surat lamaran kerja supaya tidak ada kesalahan yang bisa berakibat fatal.
Sudah cukup paham bukan? Selanjutnya, Anda bisa melihat beberapa contoh surat lamaran kerja berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja PNS dan Umum

Banyumas, 10 Maret 2018
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.
Bapak / Ibu Pimpinan (HRD)
1. ………….
Di
Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi yang memberitakan bahwa saat ini perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan beberapa karyawan untuk di tempatkan di beberapa bagian. Dengan ini saya berminat untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk posisi : ………….
Saat ini saya berusia …………. tahun dan sudah menyelesaikan ujian …………. , …………. .
Saya tidak memiliki ikatan kerja formal dengan perusahaan manapun, sehingga saya dapat bekerja secara maksimal pada perusahaan ini. Saya bisa bekerja dengan baik dalam team maupun individu, dapat berkomunikasi dengan baik, bertanggung jawab, jujur dan saya juga menyukai tantangan dalam hal-hal baru.
Untuk bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu Pimpinan bersama dengan lamaran ini turut saya lampirkan:
  • Surat Lamaran Kerja : ………….Lembar
  • Daftar Riwayat Hidup (Cv) : ………….Lembar
  • Photo Copy Transkrip Nilai : ………….Lembar
  • Photo Copy Surat Keterangan Tanda Lulus : ………….Lembar
  • Photo Copy KTP : ………….Lembar
  • Pas Foto Berwarna Ukuran 4 X 6 : ………….Lembar
  • Pas Foto Berwarna Ukuran 2 X 3 : ………….Lembar
  • Photo Copy Sertifikat : ………….Lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
(……………)

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank

Bandung, 29 Februari 2018
Kepada Yth.
HRD BANK MUAMALAT
Cabang Padjajaran Bandung
Jln. Padjajaran No 5
Bandung

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi adanya lowongan kerja di Bank Muamalat bagian Teller, maka dengan ini saya:
  • Nama : Lolita Indah Parawangsa
  • Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 5 November 1993
  • Alamat : Jl. Soekarno-Hatta No. 7, Bandung
  • Nomor Handphone : 085 212 212 678
  • Status : Belum Menikah
  • Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi Perbankan Syariah
Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan kerja pada posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
  2. Foto Copy Ijazah S1 (Legalisir)
  3. Foto Copy Transkrip Nilai (Legalisir)
  4. Foto Copy KTP
  5. Pass Photo Terbaru
Demikianlah surat lamaran ini, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dan tentunya saya akan melakukan yang terbaik untuk Bank Muamalat ini.
Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Lolita Indah Parawangsa

3. Contoh Lamaran Kerja Yang Bagus dan benar

Hal: Lamaran pekerjaan
Yth,
Bpk Sudjiwo Tedjo
PT. Inspirabook Creative Indonesia
Jl. Malioboro No. 10
Yogyakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Inspirabook Creative Indonesia yang saya ketahui dari situs Jobsreet pada tanggal 9 Desember 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian SEO Analyst dengan kode (SEO) di perusahaan Inspirabook Creative Indonesia.
  • Nama : Gohan Prakasa Hidayatullah
  • Tempat / tgl. Lahir : Bekasi, 8 Maret 1899
  • Pendidikan Terakhir : S2 Ekonomi Pembangunan
  • Alamat : Jl. Malioboro No. 8, Yogyakarta
  • Telepon (HP) : 0852-2200-7896
  • Status : Belum Menikah
Saat ini saya dalam keadaan sehat wal afiat baik secara jasmani maupun rohani. Sebagai tambahan informasi, saya juga dapat berbahasa Arab dan Inggris dengan fasih. Saya selalu bekerja keras dan jujur. Latar pendidikan saya sangat memuaskan. Saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu berbasis Windows, Mac OS atau Linux, mengusai social media marketing seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Saya juga bisa membuat dan mengembangkan website.
Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto Copy Ijazah S1
  3. Foto Copy Transkrip Nilai
  4. Foto Copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
  5. Foto Copy SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  6. Pas Photo Terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak Suparmanto sangat saya tunggu supaya saya dapat menjelaskan lebih detail tentang kemampuan dan potensi yang saya miliki untuk membantu kemajuan perusahaan yang bapak pimpin.
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan kondisi yang sebenarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Gohan Prakasa Hidayatullah

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Jakarta, 11 Februari 2018
The Administrative Officer
Embassy of Vietnam in Jakarta

Dear Sir / Madam,
I am a graduate of Communications at Padjadjaran University with several years of working experience from some of the leading private companies, non-governmental organizations, and governments.
I am writing to apply for an Executive Assistant position advertised at loker.id on February 10, 2018. This position is of great interest to me because it enables me to take full advantage of my administrative and organizational skills.
I have good written and oral communication skills that are good enough to be useful in performing the tasks in my intended position. Above all these competencies, I have a work ethic and can work with people at all levels of the organizational structure. I believe I can be an asset to your organization.
Hopefully I can continue this to the interview stage and can work in your organization. I would welcome the opportunity to discuss my suitability for the position and comply with your other requirements. I can be contacted during business hours at 085521423xxx.
Best regards,
Reza Kaesang Hapsah
Artinya:
Jakarta, 11 Februari 2018
Petugas Administratif
Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta

Kepada Bapak/Ibu,
Saya adalah lulusan Komunikasi Universitas Padjajaran dengan pengalaman kerja selama beberapa tahun dari beberapa perusahaan swasta terkemuka, organisasi non pemerintah, dan pemerintah.
Saya menulis untuk melamar posisi Asisten Eksekutif yang diiklankan di loker.id pada tanggal 10 Februari 2018. Posisi ini sangat menarik perhatian saya karena ini memungkinkan saya memanfaatkan sepenuhnya kemampuan administratif dan organisasi saya.
Saya memiliki keahlian komunikasi tertulis dan lisan yang cukup baik sehingga bisa berguna dalam menjalankan tugas pada posisi yang saya maksudkan. Di atas semua kompetensi ini, saya memiliki etos kerja dan bisa bekerja sama dengan orang-orang di semua tingkat struktur organisasi. Saya yakin saya dapat menjadi aset bagi organisasi Anda.
Besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya dan dapat bekerja di organisasi Anda. Saya akan menyambut kesempatan untuk mendiskusikan kesesuaian saya untuk posisi tersebut dan mematuhi persyaratan yang lainnya. Saya bisa dihubungi selama jam kerja di 085521423xxx.
Hormat kami,
Reza Kaesang Hapsah

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Di Pabrik atau PT

Kepada Yth.
HRD PT. CREATIVE DIGITAL SEJAHTARA
Jl. Kutamaya No 45, Sumedang
Hal : Permohonan Pekerjaan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
  • Nama : Prabowo Widodo Subianto
  • Alamat : Pasanggrahan RT 01/04, Sumedang Selatan, Sumedang
  • Tempat/Tanggal Lahir : Sumedang, 20 Juli 1997
  • Jenis Kelamin : Laki-Laki
  • Agama : Islam
  • Pendidikan Terakhir : S1 Desain Komunikasi Visual
Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin,selanjutnya besar harapan saya agar permohonan ini bisa di kabulkan
Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan syarat -syarat sebagai berikut :
  1. Daftar Riwayat Hidup : 1 Lembar
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir : 1 Lembar
  3. Foto Copy KTP : 2 Lembar
  4. Foto Copy SKCK : 1 Lembar
  5. Foto Ukuran 3 X 4 : 2 Lembar
  6. Foto Copy Pengalaman Kerja :1 Lembar
Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya agar saya diterima pada perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Prabowo Widodo Subianto
*****
Nah itu dia beberapa contoh surat lamaran kerja dari berbagai bidang. Anda bisa meniru gaya penulisannya dan sesuaikan dengan data diri Anda. Pastikan juga Anda memeriksa contoh penulisan di atas, silahkan diteliti kembali karena penulis mungkin memiliki kekurangan dalam hal penulisan di beberapa bagian.

Baca juga Cara mendapatkan uang dari interner di rumah

0 Response to "Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar sesuai EYD 2020"

Posting Komentar